WISUDA // GRADUATION DAY




Akhirnya, wisuda juga!

Setelah menempuh dua puluh bulan atau hampir dua tahun studi Master of Business Administration, akhirnya 20 Oktober 2016 aku resmi lulus dari Institut Teknologi Bandung.

Cerita wisuda kali ini cukup berbeda dengan pengalaman di jenjang sarjana. Dulu, di Arsitektur ITS, jadwal sidang sudah ditentukan periodenya. Sedangkan di MBA ITB, periode sidang tidak ditentukan, melainkan kita dapat mendaftar sidang kapanpun ketika sudah menyelesaikan Final Project. 

Proses mengerjakan Final Project merupakan perjuangan tersendiri. Mengalahkan rasa malas dan membuat target pribadi adalah pe-er utama. Dua bulan yang lalu, banyak berita beredar jika batas mendaftarkan sidang untuk wisuda periode Oktober adalah awal September 2016. Ketika itu, Final Project-ku baru selesai sekitar 70%. Namun aku bertekad untuk tetap semangat segera menyelesaikannya, walaupun jika akhirnya harus menunda wisuda hingga Maret 2017. 

Mendorong dan memotivasi diri sendiri tidaklah mudah. Banyak yang bilang musuh terbesar kita adalah diri sendiri. Akhir September aku berhasil mendapatkan persetujuan dosen pembimbing dan mengajukan pendaftaran sidang. Dan setelah sidang, ternyata aku masih memiliki kesempatan untuk mengikuti wisuda periode Oktober, dimana hari itu adalah hari terakhir untuk mendaftarkan diri. Proses mengerjakan revisi juga berjalan lancar dan pihak penguji begitu mudah ditemui. 

Aku sungguh bersyukur dengan segala proses yang terjadi, dimana semua terjadi pada waktu yang tepat. Melalui proses tersebut, aku mendapatkan pengalaman bahwa berjuang mengalahkan diri sendiri memang tidak mudah, tetapi hasil tidak akan mengkhianati usaha yang sudah kita lakukan.








Special thanks to:


Comments

Popular Posts