#LUPITAERIK Wedding Journal: Sonokembang Catering Surabaya


Hallo! Aku tahu ini mungkin sudah agak basi ya, karena acara nikahan aku sendiri sudah lewat enam bulan. Tapi rasanya sayang banget kalau aku nggak nulis review tentang beberapa vendor yang kerjanya bagus dan memuaskan banget di acaraku kemarin. Tulisan ini juga sebagai salah satu bentuk apresiasi atas kinerja mereka.


Nah, setelah acara pernikahan yang cukup melelahkan waktu itu, aku dan keluarga mulai mengumpulkan review dan feedback dari beberapa panitia, keluarga, dan tamu yang datang. Review yang paling mencolok datang untuk vendor catering, yang dipuji habis-habisan oleh mereka.

Sebelumnya, ada beberapa alasan kenapa aku memilih vendor ini:
  1. Bisa dibilang ini adalah vendor catering No. 1 di Surabaya dari sisi pilihan menu, rasa, dan profesionalitas timnya. Pihak Wedding Organizer yang menangani acaraku juga sudah menginfokan hal ini.
  2. Kebetulan orang tuaku kenal dengan pemiliknya, jadi di banyak acara hajatan teman Bapak catering ini sering digunakan. Aku sudah sering mencicipi makanan dari catering ini di kondangan dan memang rasanya enak.
  3. Sebelumnya keluargaku pernah menggunakan jasa catering ini (di cabang Kota Malang) untuk acara pesta ulang tahun Nenek yang ke - 70 di Kota Batu. Dari sana kami melihat gimana profesionalitas tim lapangan mereka.
Berbekal tiga alasan itulah, keluargaku memilih Sonokembang Catering Surabaya untuk menghandle urusan perut di acara pernikahanku. 




Saat bertemu dengan pihak marketing Sonokembang Surabaya, kami mendapat informasi cara menghitung jumlah porsi untuk 1000 undangan yang berarti juga 2000 orang tamu. Biasanya seorang tamu akan mengambil makanan 3-4 kali, jadi untuk 2000 tamu jumlah porsi yang disarankan adalah 6000 - 8000 porsi makanan, mencakup buffet dan gubukan.

Sebagai contoh, 7000 porsi makanan dapat dialokasikan menjadi 1000 porsi buffet dan 6000 porsi gubukan yang tersebar dalam 8 jenis makanan (dimana masing-masing makanan adalah 750 porsi).

Untuk menu makanan, Sonokembang punya banyak pilihan, mulai masakan nusantara sampai internasional. Nah, berikut aku bagikan menu makanan yang dipilih untuk acara kemarin. 

Menu Buffet
Sup merah dan sup bola udang
Salad buah dan sayur
Lasagna dan savory bread
Chicken stuffed mushroom
Seafood with chili
Daging bulgogi
Brokoli jamur sitake
Nasi goreng dan nasi putih
Dessert: Es Manado

Menu Gubuk
Selad solo
Lontong kikil
Tahu campur
Kambing guling
Dimsum
Bebek peking
Sate padang
Beef wellington
Crepes
Dessert: Buble Ice Mocca dan Pudding

Sebagai tambahan, kemarin kami juga menggunakan Pojok Tempoe Doeloe, berbentuk seperti warung angkringan dan menunya berisi: wedang ronde, angsle, serabi, petolo, dan rangin. 





Kombinasi menu itu kami dapatkan dari pengalaman datang ke kondangan yang kebetulan menggunakan Sonokembang juga sebagai vendor cateringnya, dan juga dari test food yang diadakan sebulan sebelum hari H.

Selain makanan, pihak Sonokembang juga bertanggung jawab atas pengaturan area makanan dan  area VIP, termasuk dekorasinya. Di sini penting banget untuk menyatukan keseluruhan nuansa dekorasi yang dikerjakan oleh pihak vendor dekorasi dan vendor catering. Nah, bagusnya, Sonokembang sendiri menyediakan banyak pilihan elemen dekorasi yang bisa disesuaikan dengan tema acara kita, mulai dari taplak, pregola, dan furniture pendukung. Elemen dekorasi yang digunakan bagus banget dan sangat totalitas, membuat nuansa Jawa di pernikahanku semakin kental.




Review dari panitia keluarga dan tamu:

Tim Sonokembang sangat cekatan ketika di lapangan. Pertama, makanan yang habis segera langsung diisi kembali, sehingga makanan tidak pernah kosong dan membuat tamu menunggu. Kedua, dengan penataan layout yang pas, meskipun jumlah tamu yang datang mencapai 1800 orang, tamu dapat mengantri makanan dengan nyaman. Ketiga, piring kotor juga dengan sigap dibersihkan, jadi tidak mengganggu tamu yang sedang makanan. Terakhir, kualitas makanannya yang tetap baik ketika disajikan sampai akhir acara dan menu makanan yang beragam, mendapat pujian dari banyak tamu yang datang.

Aku dan keluarga sangat puas dengan vendor ini. Meskipun dari sisi harga cukup mahal, tetapi menurut kami semua sebanding dengan hasil yang didapat. Terutama, dalam acara kemarin, aku dan keluarga sudah menetapkan kalau catering dan makanan untuk tamu harus menjadi prioritas utama, jadi kami memang nggak mau asal pilih vendor.


***


Semoga cerita ini bermanfaat buat teman-teman, khususnya di area Surabaya, yang lagi mempersiapkan pernikahan dan masih bingung untuk memilih vendor catering.
Thank you for reading!


Disclaimer:
Foto-foto di post ini diambil oleh vendor fotografer di acara pernikahan kemarin,
Aura Photo Video

Comments

  1. Saya sangat senang menemukan blog Catering Jakarta ini melalui Google. Saya terkesan dengan informasi Catering Jakarta yang Anda miliki di blog Catering Jakarta ini. Seni yang indah untuk mengekspresikan pendapat Catering Jakarta yang mempesona. Nah apa yang bisa saya katakan adalah bahwa Catering Jakarta ini adalah topik Catering Jakarta yang menarik dan sangat informatif. Ini menunjukkan seberapa baik Anda memahami subjek Catering Jakarta ini. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk menulis semua informasi Catering Jakarta ini. Saya sepenuhnya menghargai semua upaya Catering Jakarta Anda saat ini.

    ReplyDelete
  2. Sono kembang emang uewakkk, harganya juga enak. Kalo kalian mau catering murah, enak dan harga bisa dicapai jangan lupa kunjungi BERKAH CATERING. disana boleh tanya-tanya sepuasnya mengenai keprluan catering pernikahan.

    ReplyDelete
  3. Dihapus aja mbak komen komen di atas saya.. Banyak yang nyampah. Yang dibahas sonokembang, yang dikomentarin malah yang lain.

    ReplyDelete
  4. Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapatkan bonus cashback 15juta rupiah dan bonus-bonus lainnya! Informasi lengkap klik https://bit.ly/2EmcD4X IG: @yesi.hisbalaisartika @his_balaisartika atau WA ke 085723503203 (Yesi).

    ReplyDelete
  5. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete
  6. Hallo Kaka-kaka Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan!! Serta kita ada BONUS loooh tanpa diundi!!

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts