#LUPITAERIK Wedding Journal: Batik Inspired Pouch by Soumi Studio


Vendor pernikahan yang bakal aku sharing kali ini adalah vendor souvenir atau wedding favor. Buat kalian yang lagi mencari inspirasi dan referensi, vendor ini patut banget dipertimbangkan.



Sebelum masuk ke vendornya, aku mau cerita dulu sedikit soal barang yang bakal dijadikan souvenir. Aku, calon suami, dan orang tua untungnya sudah sepakat mau mencari barang yang berguna dan bisa dipakai oleh tamu nantinya, bukan yang akan berakhir jadi pajangan. Dari clue itu, muncul beberapa pilihan, seperti mug, pouch, dan tote bag; yang sebenarnya cukup trend sekarang ini buat dijadikan souvenir pernikahan.

Lalu, suatu hari kakak temanku memberikan link vendor souvenir yang dia pakai, yaitu Soumi Studio. Dia memilih pouch untuk souvenir pernikahannya yang waktu itu masih dalam tahap desain. Waktu mendapatkan souvenirnya, ternyata barangnya bagus banget, terbuat dari kanvas, dengan tiga desain berbeda, dan ada busa di dalamnya jadi memberikan efek tebal.

Sejak itu lah aku memutuskan untuk menggunakan Soumi juga sebagai vendor souvenir.

***

Desain

Karena jumlah pesanan yang banyak, Soumi membebaskan aku membuat tiga desain yang berbeda baik dari motif maupun warna kanvasnya. Untuk desain, aku memilih motif batik kontemporer dengan tiga tema, yaitu: kapal dengan nuansa biru, joglo dengan nuansa maroon, dan strawberry dengan nuansa putih.

Sebagai langkah awal, aku meminta Oma di Batu untuk membuat sketsa gambar motif batik beserta isen-isen dengan tiga tema tersebut. 

Sketsa Desain Awal

Dari hasil sketsa Oma, aku mengirimkan gambarnya kepada Soumi untuk dibuat versi digital atau vector-nya. Yang bikin senang, pihak Soumi mengerti banget soal konsep batik yang aku inginkan, sehingga mereka menawarkan untuk menambahkan isen-isen sehingga menambah kesan batiknya. 

Dan, tadaaaaaaaa....


Desain Final

Hasilnya lucu dan aku suka banget. Waktu itu cuma butuh beberapa revisi minor aja karena aku sudah sangat puas dengan desainnya.

Spesifikasi Pouch

Untuk pouchnya sendiri, enaknya Soumi punya banyak pilihan spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan budget kita. Seperti pada bagian inner, aku menambah busa dan lapisan katun jepang, supaya bagian dalam pouchnya tebal dan halus. Pihak Soumi menurut aku sangat komunikatif dan informatif dalam memberikan saran-saran yang menyempurnakan hasil akhir pouch ini, semua spesifikasi dibahas cukup detail seperti warna sablon dan resleting yang pas dengan warna pouch.

Setelah semua detail sudah pasti, akhirnya souvenir ini naik produksi juga.






 

Packaging

Nah, packaging juga salah satu yang harus dipertimbangkan karena mempengaruhi budget dan tampilan souvenir. Buat yang suka konsep rustic, ada pilihan packaging menggunakan tile, jadi souvenir akan digulung dan diikat dengan kertas cokelat. Bisa dilihat nih di instagramnya Soumi. Tapi kalau mau packagingnya lebih formal, seperti permintaan orang tua aku, ada juga packaging mika bening dengan hiasan pita organdi.


Pengiriman

Sebagai informasi tambahan, karena Soumi ini di Jakarta dan aku di Surabaya, 1200 pcs pouch ini dikirim via JNE Trucking. Memang lebih mahal dibanding kargo yang lain, tapi cukup aman karena JNE punya asuransi asalkan ada nota pembeliannya. Ada 5 dus besar yang dikirimkan dan pouchnya ditata sangat rapih sehingga nggak ada masalah seperti penyok atau rusak ketika sampai di Surabaya.


***


Souvenir yang desainnya dibuat khusus seperti ini tentu hasilnya menjadi sangat personal untuk pengantinnya. Dan harapannya pouch ini bisa berguna untuk tamu undangan yang hadir di hari pernikahanku.




Good luck for your wedding preparation, Ladies and Gentleman!

Lupita


Comments

Popular Posts