THE INTERN


Awal tahun 2016, aku disibukkan dengan rencana magang yang merupakan bagian dari program kampus. Ternyata, aku nggak lolos interview dari salah satu perusahaan property developer di Jakarta yang sudah lama aku impikan. Hehe, sedihnya berasa putus cinta.

Tapi karena harus move on, akupun mencari alternatif perusahaan untuk magang yang lokasinya di Bandung. Daftar perusahaan yang diberikan kampus membuka jalan aku untuk kepo ke salah satu perusahaan Batik, Rumah Batik Komar, sampai akhirnya memutuskan apply magang untuk posisi marketing atau business development



PRODUCT DEVELOPMENT

Selama magang, aku terlibat dalam new product development project untuk produk terbaru Rumah Batik Komar, bersama owner dan creative director Rumah Batik Komar. Dalam pengembangan produk baru, aku merasakan serunya terlibat mulai dari proses eksplorasi, produksi, hingga promosi. Rasanya seperti mengandung, melahirkan, dan membesarkan bayi. Aku melihat bagaimana bayi ini berkembang dari trial and eror menjadi produk yang diminati orang lain. 

Check on its page, Shibotik.

SERABUTAN: FROM DESIGN TO PHOTO SHOOT

"You will never know your limits unless you push yourself to them"
Mengingat bukan lulusan kriya tekstil (textile design), aku pribadi nggak menyangka bisa memberikan kontribusi di proses produksi yang notabene membutuhkan skill tertentu. Tapi kita nggak akan pernah tahu kalau nggak mencoba, kan? 

Selain produksi, tim kami juga mengadakan photo shoot untuk katalog produk. Walaupun suka fotografi dan bisa pegang kamera DSLR, setidaknya ini adalah pengalaman pertama aku terlibat di pemotretan beneran yang hasilnya akan digunakan untuk promosi produk. Lagi-lagi, aku sempat nggak menyangka dengan kemampuan fotografiku. Tapi ya gitu, kadang kita nggak akan tahu kemampuan kita sampai ada kondisi yang mendorong kita untuk mampu, kan?

Kindly follow its Instagram account, @shibotik.id

Tahap selanjutnya adalah produksi materi promosi. Walaupun sebelumnya sudah bisa menggunakan program desain seperti CorelDraw dan Photoshop, kali ini aku perlu menambah pengetahuan soal desain grafis dan desain website dalam hubungannya dengan branding. Beruntung saat ini banyak sekali situs yang membagi informasi itu, Pinterest terutama. 


Walaupun terkesan serabutan dan mengerjakan semua hal, tetapi di sanalah seninya menjadi anak magang: belajar sebanyak-banyaknya. 


LESSON LEARNED

"Before you turn 30 years old, follow somebody. Go to a small company. Normally, in a big company, it is good to learn processing; you are part of a big machine. But when you go to a small company, you learn the passion, you learn the dreams. You learn to do a lot of things at one time. So before 30 years old, it’s not which company you go to, it’s which boss you follow. A good boss teaches you differently." 
- Jack Ma


Aku merasa beruntung dengan pengalaman magang yang aku dapat selama kurang lebih tiga bulan. Setelah lama tersesat dan bingung soal passion, akhirnya aku menemukan hal-hal yang aku sukai. Aku juga senang sekali dapat membantu dan memberikan kontribusi untuk pihak lain. Selain banyaknya proses pembelajaran yang aku dapat,
menjadi berguna adalah yang paling menyenangkan.


Comments

Popular Posts